Cakra Hudaya

Web Developer

Blogger

Freelancer

Digital Marketing

Cakra Hudaya

Web Developer

Blogger

Freelancer

Digital Marketing

Blog Post

Belajar HTML Dari Dasar

November 5, 2019 Blog, programming
Belajar HTML Dari Dasar

HTML ialah kependekan dari Hyper Text Markup Language, yaitu suatu bahasa markup yang dipakai untuk menciptakan sebuah halaman web. Si HTML berikut yang merangkai sebuah halaman web menjadi sebagaimana yang anda lihat melewati browser (penjelajah internet). So, belajar HTML dan memahami bagaimana teknik HTML bekerja akan paling penting andai kamu hendak terjun ke dunia web development.

Sebenernya saat bekerja dalam memperlihatkan dan merangkai sebuah halaman web si HTML ini nggak sendiri, dia juga ditolong oleh teman-temannya yang lain yakni si CSS dan si JavaScript. Si HTML sendiri bertugas merangkai kerangka halaman web, si CSS yang bakal merapihkan dan memperindah tampilan halaman web, sementara si JavaScript-lah yang bertugas menciptakan halaman web menjadi lebih interaktif. Pada peluang yang lain anda akan coba membicarakan CSS dan JavaScript, tapi guna kali ini marilah anda buat si HTML menjadi figur utama 😀

Perlu diperhatikan, HTML bukanlah suatu bahasa pemrograman. HTML adalahbahasa markup yang mengandung perintah-perintah dengan bentuk tertentu yang terstruktur untuk memperlihatkan tampilan tertentu. Baik, ayo kita bikin menjadi lebih sederhana. Misalnya di halaman web anda sering menyaksikan ada teks yang ditulis tebal laksana berikut:

tulisan tebal

Nah untuk dapat membuat suatu tulisan tebal laksana di atas, maka kita dapat membuatnya dengan HTML dengan kode berikut:

<strong>tulisan tebal</strong>

Sederhananya merupakan, andai kita menyebutkan kode laksana di atas, maka nanti si browser akan memperlihatkan tulisan tebal. Jadi HTML ialah format penulisan kode tertetu yang dapat dimengerti oleh browser untuk memperlihatkan tampilan tertentu.

Oke kini saya paham, selanjutnya dimana saya dapat menulis kode HTML dan bagaimana caranya?
Benar, guna dapat menciptakan sebuah halaman web dan dapat diperlihatkan oleh browser sebagaimana yang kita mau tentu dong terdapat aturan dan formatnya. Nggak barangkali kita tulis kode-kode HTML di Photoshop lantas kita jalankan melewati browser. Ya nggak bakal jalanlah. Untuk mencatat kode HTML kita dapat menggunakan aplikasi code editor laksana Notepad, Notepad++, Sublime Text, Atom, atau yang lainnya. Dan supaya kode kita dapat dibaca oleh browser dengan baik anda harus menyimpannya dalam bentuk HTML yakni .htm atau .html.

Berikut ini misal sederhana penulisan kode HTML:

<!DOCTYPE HTML>
<html>
    <head>
        <title>Selamat Datang HTML</title>
    </head>
    <body>
        <p>Halo dunia!</p>

        <p><b>Tulisan tebal</b>, <i>tulisan miring</i>, <u>tulisan bergaris bawah</u></p>
    </body>
</html>

Kita dapat menyebutkan kode itu pada code editor laksana Notepad, Sublime Text atau yang lainnya. Adapun code editor yang saya pakai disini ialah Sublime Text 2. Sekali lagi anda bebas memakai code editor yang lain, itu melulu masalah opsi saja.

Kemudian anda simpan dengan bentuk .htm atau .html, contohnya disini untuk misal di atas anda simpan dengan nama index.html. Maka sebagai berikut tampilannya bila dimulai melalui browser:

Pada misal kode HTML di atas kita dapat melihat bahwa untuk mengawali menulis kode HTML maka anda harus memulainya dengan kode dan diblokir dengan . Adapun tentang kode itu bermanfaat sebagai pengenal HTML5 (di lain peluang insya Allah akan anda bahas), sedangkan ikuti saja seperti demikian.

 

Write a comment